Download Buku di Google Books

Oleh Rosyadi Aziz Rahmat

Apakah Anda termasuk penggemar ebook? Atau Anda sering mengunduh/download buku di situs-situs kesayangan Anda? Atau Anda merupakan pembaca setia Google Books? Atau Anda tidak menemukan link buku yang Anda cari selain di Google Books? Atau Anda tidak memiliki keuangan yang cukup untuk membeli buku yang Anda butuhkan? Apapun alasan Anda, mungkin kiat ini bisa membantu Anda atau paling tidak menambah informasi/wawasan Anda sebagai salah satu alternatif mengunduh ebook melalui Google Books.

Google melalui Google Books memberikan kemudahan bagi orang yang sedang mencari buku-buku pilihan ataupun buku yang diperlukan. Bagi sebagian orang yang mempunyai koneksi internet yang cepat, mungkin cukup hanya dengan browsing dan membaca langsung (online) di Google Books. Namun bagi sebagian atau mungkin kebanyakan orang, lebih memilih membaca secara offline, dengan berbagai alasan, bisa koneksi yang lambat, online di warnet, tidak banyak waktu, dan sebagainya.

Setelah cukup lama browsing di internet, saya menemukan beberapa alternatif untuk mengunduh buku di Google Books. Ada yang menggunakan cache browser (melalui Temporary Internet Files), menggunakan program Google Book Downloader (GBD) yang menghasilkan file dalam format .pdf, ada juga yang menambahkan add ons Greasemonkey pada Firefox lalu diinstal skrip untuk mengunduh link tiap halaman buku dalam format .jpg.

Masing-masing cara ini mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri. Untuk cara pertama, Anda sudah sangat terbantu karena secara otomatis file tersimpan di dalam folder Temporary Internet Files ketika Anda browsing. Kelemahannya, Anda mesti membuka satu per satu halaman buku hingga akhir. Sekali lagi, Anda butuh jaringan internet yang cepat untuk hasil lebih baik. Kalau tidak, bisa Anda bayangkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membuka seribu halaman buku.

Untuk cara kedua, Anda bisa mengunduh program GBD di sini, namun dari situs resminya telah ditarik. Pada versi lama, Anda memasukkan kode yang diapit oleh “id=” dan tanda “&” pertama yang terdapat pada URL.

Pada versi yang terakhir, Anda dapat memasukkan URL lengkap. Meskipun begitu, cara kedua ini juga belum berhasil saya lakukan, mungkin karena jaringan juga. He…

Untuk cara yang ketiga, pertama kali Anda menambahkan add-ons Greasemonkey pada Firefox, kemudian restart Firefox. Langkah berikutnya, Anda buka situs ini, lalu instal skrip Google Book Downloader for Greasemonkey dengan cara mengklik tombol instal. Setelah Anda restart browser Firefox, Anda akan menemukan tombol “Download this book” pada daerah kiri atas.

Naah… Anda tinggal klik tombol tersebut dan memblok link yang muncul di bawahnya, lalu Anda bisa mengunduh menggunakan downloader kesayangan Anda agar lebih cepat. File hasil unduhan dalam format .jpg. Cara yang ketiga ini merupakan cara yang lebih saya sukai karena lebih mudah dijalankan daripada cara yang lain.

Selain ketiga cara tersebut, tanpa sengaja saya mencoba mengunduh menggunakan JDownloader.

Program ini merupakan downloader yang cukup ampuh untuk mengunduh file yang disimpan di situs-situs berbagi, misalnya rapidshare, megaupload, hotfile, dan sebagainya.Dengan program ini Anda tidak perlu menunggu lama oleh karena Anda sebagai free user.

Pada awalnya berjalan lumayan baik, tapi selalu terputus sebelum selesai. Mungkin lagi-lagi karena jaringan internet yang kurang bagus. Bila Anda memiliki jaringan internet yang bagus atau mempunyai pengalaman lain, semoga bisa berbagi info dengan saya. He…

Semoga bermanfaat.

4 Komentar

Filed under Serba Serbi

4 responses to “Download Buku di Google Books

  1. Faridza

    Trims y dok buat infonya…
    ^.^

  2. Trims,
    tapi sayang yah, jadi pembajak kesannya

    • Trims juga atas kunjungannya. Menurut saya ini gak membajak, soalnya kan memang dipublikasikan secara legal oleh Google. Skrip yg diinstal sifatnya membantu menyimpan file yg dipublikasikan aja supaya lebih cepat didownload. Yg gak ditampilkan kan gak bisa disimpan. Kalau mau manual bisa juga lewat file temporary atau klik kanan trus save image as. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s